Danabijak Legal atau Ilegal? Simak Ulasannya Sebelum Meminjam Dana!

Danabijak Legal atau Ilegal – Pinjaman online menjadi opsi yang lebih praktis untuk meminjam dana, salah satunya Danabijak. Namun, Danabijak legal atau ilegal? Pertanyaan ini cukup banyak ditanyakan, mengingat banyaknya pinjol saat ini yang abal-abal.

Meski membutuhkan dana secara cepat, peminjam tetap perlu berhati-hati agar tidak gegabah. Pastikan memilih platform yang sudah mendapatkan lisensi dari OJK sebagai jaminan keamanan. Bagaimana dengan Danabijak? Mari simak ulasannya di sini:

Tentang Danabijak

danabijak legal atau ilegal
danabijak legal atau ilegal

Danabijak merupakan perusahaan yang bergerak dalam pinjaman bersifat mikro dan tanpa agunan. Perusahaan yang berada dalam manajemen Digital Micro ini berpusat di Jakarta. Fokus pinjamannya bersifat adil, cepat, serta aman untuk berbagai lapisan masyarakat tanah air.

Dengan sistem yang canggih, masyarakat dapat mengajukan pinjaman secara aman. Sebagai perusahaan fintech di Indonesia, Danabijak berkomitmen memberikan bantuan berupa pinjaman bagi masyarakat yang mengalami masalah keuangan. Fokusnya adalah Kredit Tanpa Agunan, dengan bunga terjangkau serta waktu relatif singkat.

Alasan menyediakan pilihan waktu yang relatif singkat adalah agar peminjam tidak terbeban terlalu lama dengan pinjaman. Hal ini juga mengurangi kebiasaan meminjam dalam waktu terlalu lama.

Baca juga : Cara Pembayaran AdaKami

Keunggulan Danabijak

Bagi pengguna yang membutuhkan, pengajuan pinjamannya bisa dilakukan dalam hitungan menit saja. Kepraktisan tersebut membantu banyak orang yang membutuhkan dana secara cepat. Selain cepat, berikut berbagai kelebihan yang ditawarkan Danabijak:

  • Proses pinjaman dengan periode 30 hari bagi peminjam baru, dan untuk peminjam yang mencapai poin tertentu bisa sampai 90 hari.
  • Ada sistem gamification. Peminjam yang mencapai poin tertentu dapat meraih potongan biaya untuk layanan, waktu pinjaman lebih lama dan nilai pinjaman lebih besar.
  • Danabijak dapat diakses online selama 24 jam sehingga fleksibel secara waktu.
  • Bebas menentukan jangka waktu pinjaman.
  • Pinjaman online hanya bisa dilakukan setelah pinjaman sebelumnya lunas, untuk menghindari beban dari pinjaman berlebih.
  • Bisa melakukan diskusi kembali apabila belum mampu menyelesaikan pelunasan di tanggal jatuh tempo.
  • Tersedia pelatihan tentang dasar pengelolaan keuangan untuk mengenal risiko serta peluang dari pinjaman.
  • Tidak ada metode kriminal hingga quasi pidana untuk proses penyelesaian pinjaman.

Perusahaan ini menetapkan aturan yang cukup fleksibel terhadap para peminjamnya, tentunya menyesuaikan standar industri yang melindungi keamanan dari data pengguna. Sepak terjangnya menunjukkan pertumbuhan positif, terbukti dari kenaikan 4,5 kali pada masa pandemi.

Apakah Danabijak Legal?

Ada berbagai pertanyaan mengenai Danabijak yang popularitasnya. Salah satunya mengenai Danabijak legal atau ilegal. Tentunya informasi ini penting untuk diketahui dari awal, terlebih dengan maraknya pinjol yang ternyata tidak dinaungi lembaga hukum. Mencegah terjadinya kerugian hingga penipuan dapat dilakukan sejak dini.

Keraguan ini dijawab dengan tegas oleh pihak Danabijak bahwa perusahaannya sudah mengantongi izin OJK berdasarkan keputusan dari anggota dewan komisioner. Danabijak termasuk satu dari 98 pinjol lainnya yang tercatat legal oleh OJK. Lembaga ini terus memberantas pinjaman online ilegal yang beredar di masyarakat.

Baca juga : Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan Pulsa

Peran fintech berizin seperti Danabijak cukup besar dalam menjaga pertumbuhan ekonomi, khususnya setelah pandemi menyerang. Bekali diri dengan informasi mengenai pinjaman online apa saja yang termasuk ilegal sehingga tidak terjerat dalam bahayanya.

Sebagai lembaga yang bertujuan mengawasi kegiatan di sektor keuangan, OJK telah memasukkan nama Danabijak sebagai Pinjol yang legal. Lisensi ini sangat penting, khususnya untuk perusahaan P2P lending yang kegiatan keuangannya dilakukan dengan basis online.

Danabijak membuktikan dirinya sebagai perusahaan fintech dengan kredibilitas yang dapat dipercaya. Tidak ada jaminan yang diwajibkan untuk mendapatkan pinjaman dana, karena Danabijak terus berupaya memperluas jangkauan menuju kelompok underbanked. Pengguna juga fleksibel mengizinkan pengguna melunasi pinjaman lebih awal tanpa penalti.

Dari segi profitabilitas serta skalabilitas, penilaian kredit terhadap Danabijak juga mendapatkan hasil yang baik. Dengan fokusnya membantu masyarakat underbanked serta pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya, Danabijak berharap bisa meningkatkan peluang finansial agar semakin baik kedepannya.

Demikian pembahasan mengenai pertanyaan Danabijak legal atau ilegal yang kerap kali diajukan oleh calon peminjam. Mengingat perusahaan P2P ini sudah mendapatkan izin resmi dari OJK, peminjam tidak perlu khawatir terkait hukum yang menaunginya dan meminjam dengan aman sesuai dengan kebutuhan.

Muzammil Kiandra

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Danabijak Legal atau Ilegal? Simak Ulasannya Sebelum Meminjam Dana! yang dipublish pada Juni 15, 2022 di website Kiandra Blog

Leave a Comment