5 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop, Praktis Dilakukan!

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop – Kebutuhan aplikasi yang ada di laptop terkadang terhambat dengan terhapusnya aplikasi baik sengaja maupun tidak. Informasi tentang cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop tentu sangat berguna bagi pengguna yang mengalami permasalahan tersebut.

Untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus, pengguna tidak perlu kesulitan karena terdapat alternatif cara yang dapat dicoba. Berikut 5 cara mudah mengembalikan aplikasi yang terhapus di perangkat laptop:

5 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop, Praktis Dilakukan

cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop
cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop

1. Menggunakan System Restore

Pengguna yang ingin mengembalikan aplikasi yang tidak sengaja terhapus di dalam laptop, cara pertama yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan fitur system restore. Pada laptop dengan sistem operasi Windows, fitur tersebut digunakan untuk mengembalikan aplikasi yang hilang atau terhapus.

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna perlu mengakses di laptop dengan beberapa langkah mudah. Berikut beberapa langkah yang dapat diikuti:

  • Klik pada keyboard tombol ikon “Windows + I”.
  • Pilih opsi menu “Update & Security”.
  • Pilih menu “Recovery”.
  • Klik opsi “Restart Now”.
  • Pilih opsi “Troubleshoot” ketika tampilan layar laptop gelap.
  • Lanjut memilih menu “Advanced options”.
  • Klik menu “Startup Settings” dan “Restart”.
  • Tekan keyboard “F4” dan pilih “Enter”.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Baca juga : Cara Transfer Data dari HP ke HP

2. Memanfaatkan Fitur Windows Powershell

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop berikutnya adalah dengan menggunakan fitur Windows Powershell. Pengguna dapat dengan mudah memilih menu “Run as administrator”, lalu lanjut mengetik program yang ditujukan untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus.

Pengguna hanya perlu mengetik link program yang dapat dilihat pada layar laptop pengguna. Lalu, selanjutnya dapat menunggu proses aplikasi yang otomatis kembali setelah laptop menyala. Terakhir, pengguna dapat mengecek apakah aplikasi yang terhapus sudah kembali atau belum.

3. Memasang Aplikasi O&O AppBuster

Selain dapat mengembalikan aplikasi yang terhapus, O&O AppBuster juga dapat menghapus aplikasi yang ada di laptop pengguna. Namun, jika ingin mengembalikan aplikasi di dalam laptop dengan bantuan aplikasi O&O AppBuster, maka pengguna dapat menggunakan fitur “Restore point”.

Aplikasi ini dapat memungkinkan pengguna untuk back up file serta aplikasi yang ada di laptop. Pengguna juga dapat menemukan aplikasi yang terhapus dan tersembunyi apabila menggunakan O&O AppBuster ini. Yang mana keberadaannya sangat bermanfaat dan praktis membantu permasalahan pada laptop.

4. Memanfaatkan Fitur Control Panel

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop dengan menggunakan fitur Control Panel merupakan lanjutan dari cara yang pertama. Jika sebelumnya pengguna cukup rumit untuk mengikuti cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dengan system restore. Maka, cara ini cukup sederhana.

Baca juga : Aplikasi Chatting Selain WhatsApp

Cara ini juga dapat disebut sebagai cara yang memanfaatkan fitur “Safe Mode”. Untuk langkah detailnya, pengguna dapat menyimaknya berikut ini:

  • Masuk ke fitur “Safe Mode” yang sudah dijelaskan pada cara nomor 1.
  • Buka menu “Control Panel”.
  • Klik opsi “Recovery”.
  • Pilih menu “Open System Restore” untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus.
  • Tunggu hingga proses restore system
  • Pilih menu “Undo System Restore”, jika kondisinya terdapat nama aplikasi yang ingin dikembalikan.
  • Tekan opsi “Finish” dan “Yes”.
  • Tunggu prosesnya sampai laptop berhasil memuat ulang sistem.

5. Melalui Software iMyFone D-Back

Terakhir, pengguna dapat menggunakan software bernama iMyFone D-Back yang berfungsi untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus. Keunggulan software ini dapat mendukung pemulihan berbagai bentuk file, seperti .exe dan lain-lain. Cara pemulihannya, pengguna cukup install software tersebut di dalam laptop.

Lalu, pengguna memilih device atau drive yang ingin dipulihkan dan lakukan scanning untuk menunggu proses selesai. Menggunakan software ini dapat lebih praktis dibandingkan dengan cara yang lain. Namun, pengguna juga perlu teliti dalam mengikuti langkah-langkahnya.

Itulah 5 cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop dengan praktis dan mudah. Pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur fungsional yang terdapat pada sistem Windows yang ada di laptop. Tetapi, pengguna juga dapat memanfaatkan bantuan software lain.

Muzammil Kiandra

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 5 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop, Praktis Dilakukan! yang dipublish pada Agustus 22, 2022 di website Kiandra Blog

Leave a Comment