6 Cara Mengatasi USB Not Recognized Dengan Mudah

Cara Mengatasi USB Not Recognized – Pengguna USB (flashdisk atau hardisk eksternal) pastinya kesal dan bingung jika mendapat notifikasi “USB not Recognized” . Artinya, USB yang dimasukkan itu tidak dikenali sehingga pengguna tidak bisa mengaksesnya Kondisi itu pastinya membuat panik apalagi jika di USB itu menyimpan file penting. Bagaimana cara mengatasi USB not recognize tersebut? Simak caranya di bawah ini:

6 Cara Mengatasi USB Not Recognized Dengan Mudah

cara mengatasi usb not recognized
cara mengatasi usb not recognized

1. Cabut lalu Pasang Ulang USB

cara mengatasi USB not recognized paling mudah yang bisa dilakukan adalah memasukkan lalu cabut kembali. Bisa jadi ada kesalahan saat memasangnya, sehingga USB tersebut tidak dikenali. USB bisa jadi akan terdeteksi setelah USB dipasang kembali.

2. Restart Komputer atau Laptop

Cara mengatasi USB not recognized lainnya adalah restart (mulai ulang) PC atau laptop. Ketika komputer dimulai ulang, otomatis sistemnya pun di set ulang. Sistem komputer pun akan otomatis menjalankan kembali proses di background. kemungkinan setelah PC atau laptop hidup kembali, USB yang masuk akan dapat dikenali.

3. Pindahkan Ke Port USB yang berbeda

Langkah lainnya adalah coba pindahkan USB itu ke port yang lain. jika tidak ada masalah berat pada USB, cara ini bisa diandalkan. Misalnya tadi USB dipasang di port USB sebelah kanan, maka pindahkan ke port USB sebelah kiri.

Baca juga : Cara Menggunakan Repeater

Mungkin saja, masalah USB not recognized itu terjadi karena portnya sudah rusak. Pengguna dapat menguji apakah port tersebut rusak atau tidak. Caranya, Pasang USB drive lainnya di port yang bermasalah tersebut.

4. Perbarui USB Driver

Masalah USB not recognized dapat juga disebabkan oleh OS Windows yang belum diperbaharui. Jadi, Windows pun tidak dapat mengenali USB drive tersebut. Jadi, pengguna harus update driver USBnya terlebih dahulu. Caranya yaitu:

  • Klik tombol “Start” di layar komputer.
  • Bukalah program “Run”, selain itu bisa juga dengan tekan “windows + R” pada keyboard secara bersamaan.
  • Ketikkan kode “devmgmt.msc., namun hilangkan dulu tanda kutipnya.
  • Saat pop up dari program “device manager” terbuka, klik “Universal Serial Bus” lalu cari “Unknown Device”.
  • Klik kanan pada “Unknown device” tersebut, lalu klik “update driver”
  • Selesai, maka USB drive pun sudah dapat dikenali

5. Uninstall Driver USB Yang Bermasalah

Cara mengatasi masalah USB not recognized ini biasanya cukup ampuh. Untuk menghapus driver USB ini, caranya adalah:

Baca juga : Cara Mengatasi Free Fire Patah Patah

  • Klik pada tombol “Start menu”.
  • Pilih menu “run” dan ketik kode “devmgmt.msc”.
  • Tekan Enter di keyboard untuk melanjutkan proses.
  • Cari USB device yang kira-kira memiliki masalah. Klik kanan pada USB tersebut (biasanya ada tanda seru atau tulisan “unknown device”)
  • Klik “uninstall”. Cabutlah USB yang telah diuninstall tadi, lalu pasang kembali setelah beberapa menit. Biasanya, sistem windows akan membaca ulang USB tersebut.

6. Restore OS Windows

Restore Windows bisa dilakukan jika cara-cara di atas tetap tidak membuahkan hasil. OS Windows dapat di restore ke kondisi USB masih berjalan dengan normal. Berikut beberapa caranya:

  • Klik pada Start menu.
  • buka menu “run” dan ketikkan kode” rstrui.exe.”
  • tunggu hingga pop up menu dari “system restore” terbuka.
  • Coba ingat kira-kira tanggal berapakah USB masih berfungsi. Pilihlah tanggal tersebut, klik OK.
  • Komputer akan memulai ulang dengan sistem operasi yang sudah di restore.

Itulah cara mengatasi USB not recognized yang mudah dan cepat. Pengguna bisa mencoba cara-cara di atas satu persatu hingga menemukan solusi yang tepat. Apabila cara-cara di atas tidak berhasil, mungkin sudah saatnya untuk membeli USB yang baru.

Muzammil Kiandra

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 6 Cara Mengatasi USB Not Recognized Dengan Mudah yang dipublish pada Agustus 11, 2022 di website Kiandra Blog

Leave a Comment