Ketahui Cara Mengatasi FUP Indihome Untuk Menghindari Lemot

Cara Mengatasi FUP Indihome – Banyak masyarakat di Indonesia yang menggunakan layanan Indihome, mencari cara mengatasi FUP Indihome. Hal ini karena adanya FUP pada layanan Indihome membuat layanan dan jaringan internet menjadi semakin lambat. Akses internetnya pun seakan semakin sulit untuk dibuka. Sebenarnya, internet yang lambat karena batas FUP adalah hal yang wajar.

Karena kuota penggunaan dari pelanggan sudah dinyatakan habis. Namun, ternyata terdapat cara yang bisa dilakukan para pengguna untuk mengatasi hal tersebut. Ada 2 cara untuk mengatasi FUP pada Indihome. Kedua cara tersebut, akan dibahas secara lengkap melalui ulasan di bawah ini:

Mengenal Kebijakan FUP

cara mengatasi fup indihome
cara mengatasi fup indihome

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi FUP Indihome. Sebelumnya, akan dibahas terlebih dahulu mengenai kebijakan FUP. Sebenarnya, tidak hanya Indihome saja yang memberlakukan kebijakan FUP ini. Ada beberapa provider lain yang beroperasi di Indonesia dan memberlakukan kebijakan ini.

FUP sendiri merupakan kependekan dari Fair Usage Policy. Kebijakan ini akan mengatur batas wajar dari penggunaan kuota internet yang dibeli pengguna. Secara sederhana, FUP ini merupakan batas pemakaian internet dalam jangka waktu tertentu. Kebanyakan provider di Indonesia, termasuk Indihome sendiri memberlakukannya secara bulanan.

FUP yang ditentukan tentu saja, berbeda untuk setiap providernya. Tergantung dengan kebijakan provider dan paket yang dibeli oleh pelanggan. Jika, kuota internet yang digunakan oleh pelanggan sudah mencapai batas FUP. Ciri utamanya adalah jaringan internet menjadi lambat.

Baca juga : Cara Melihat Status Whatsapp Yang Sudah Hilang

Lama kelamaan jaringan internet tidak akan bisa diakses lagi sampai kuota habis. Karena itu, banyak orang yang ingin bisa menembus kebijakan FUP ini.

Cara Mengatasi FUP pada Indihome

Seperti yang disebutkan sebelumnya ada 2 cara untuk mengatasi FUP Indihome. Pertama, melalui jaringan Mikrotik dan selanjutnya melalui HTTP Injector. Ulasan selengkapnya akan dibahas di bawah ini:

1. Menggunakan Jaringan Mikrotik

Cara pertama untuk mengatasi FUP pada Indihome adalah dengan mengubah peraturan bandwith di jaringan Mikrotik. Cara ini terbilang yang paling aman, karena para pelanggan tinggal mengakses jaringan seperti biasanya.

Untuk melakukannya, para pengguna memerlukan script untuk membuka batas FUP. Script ini bisa ditemukan di berbagai jaringan di internet. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan:

Baca juga : Cara Melihat Penghasilan TikTok

  • Hubungkan jaringan internet menggunakan jaringan Mikrotik, lakukan dengan cara seperti biasa saja.
  • Masuk ke dalam menu Pengaturan Queue, untuk masuk ke pengaturan ini para pengguna bisa masuk melalui cara menaikan batas port dari batas yang biasa digunakan para pengguna.
  • Kemudian, turunkan kembali port yang biasa digunakan tersebut untuk masuk ke dalam segmen pengaturan.
  • Pada tahap ini, para pengguna akan melihat menu manajemen bandwidth. Pada tahap ini, para pengguna harus mengubah script yang ada di sana dengan script tertentu untuk membebaskan FUP.

2. Menggunakan HTTP Injector

Cara ini terbilang agak beresiko karena bersifat illegal. Namun, jika berhasil dilakukan bisa membuat batas FUP sudah tidak berlaku. Untuk melakukannya, para pengguna membutuhkan aplikasi bernama HTTP Injector. Setelah, sudah memiliki aplikasinya bisa dilakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka settingan payload pada aplikasi dan setting house menjadi Youtube.com atau situs lain yang ingin dibuka batas FUP-nya.
  • Centang bagian keep live atau user agent pada setting.
  • Pilih Singapura sebagai server kemudian centang bagian SSH.
  • Simpan pengaturan yang sudah ada dengan klik oke.

Itulah cara mengatasi FUP Indihome yang bisa dilakukan oleh para pengguna. Dengan cara di atas, maka tidak akan dibatasi lagi dengan FUP dan batas penggunaan internet.

Muzammil Kiandra

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ketahui Cara Mengatasi FUP Indihome Untuk Menghindari Lemot yang dipublish pada Agustus 23, 2022 di website Kiandra Blog

Leave a Comment