Cari Tahu Cara Mendaftar Jadi Driver Gojek, Mudah dan Anti Ribet!

Cara Mendaftar Jadi Driver Gojek – Jenis pekerjaan yang sekarang banyak diminati adalah menjadi driver Gojek. Pekerjaan ini cukup banyak peminatnya karena fleksibel, bisa jadi pekerjaan utama maupun sampingan. Proses bergabung menjadi driver Gojek juga tergolong mudah. Pembahasan tentang cara mendaftar jadi driver gojek akan diulas pada uraian berikut.

Calon driver perlu memiliki perangkat android sebagai sarana untuk mendaftarkan diri dan bergabung sebagai driver Gojek. Calon driver juga perlu memahami syarat umum yang ada, supaya dapat diterima sebagai driver. Ketahui syarat umumnya secara lebih rinci pada penjelasan berikut ini:

Persyaratan Umum Driver Gojek

cara mendaftar jadi driver gojek
cara mendaftar jadi driver gojek

Sebelum mengetahui cara mendaftar jadi driver Gojek, perlu mengetahui persyaratan umum terlebih dahulu. Persyaratan yang harus dilengkapi terkait dengan calon driver dan kendaraan untuk mengangkut penumpang. Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

1. Berstatus Warga Negara Indonesia

Syarat pertama untuk bergabung sebagai driver Gojek adalah berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Usia maksimal untuk menjadi driver Gojek adalah 65 tahun. Selain itu, calon driver juga harus mempunyai buku rekening yang masih aktif untuk pembayaran komisi sebagai driver.

Baca juga : Cara Record Google Meet Di Laptop Tanpa Aplikasi

2. Mempunyai KTP dan SIM yang Masih Aktif

Calon driver harus mempunyai KTP serta SIM yang masih aktif. Pendaftaran dengan SIM yang tidak aktif tidak akan disetujui. Hal tersebut berlaku baik untuk SIM C maupun SIM D. Maka, calon driver harus melakukan perpanjangan SIM terlebih dahulu atau membuat SIM ulang.

3. Mempunyai SKCK yang Masih Aktif

Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang pada umumnya disingkat SKCK dapat dibuat dengan mengurusnya di polsek atau polres setempat. Kepemilikan SKCK untuk menunjukkan apakah calon driver sebelumnya pernah terlibat tindakan kriminal atau tidak. Calon driver harus melampirkan SKCK yang masih aktif atau berlaku.

4. Mempunyai Kendaraan Bermotor Layak Pakai

Syarat yang perlu diperhatikan calon driver terkait kendaraan yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang adalah pemakaian maksimalnya selama 8 tahun. Kapasitas kendaraan tersebut tidak boleh melebihi batas 250cc. Driver Gojek juga tidak boleh menggunakan kendaraan berupa motor trail untuk mengangkut penumpang.

Inilah Cara Mendaftar Jadi Driver Gojek yang Harus Dipahami

Setelah mengetahui persyaratan umum menjadi driver Gojek, kini perlu untuk mengetahui dan memahami cara mendaftar jadi driver Gojek secara rinci. Langkah detailnya dapat disimak di bawah ini:

Baca juga : Cara Menaikan Limit Julo

  • Langkah pertama, unduh aplikasi mitra driver Gojek atau Go Partner di playstore.
  • Bukalah aplikasi Go Partner yang sudah terpasang di perangkat android calon driver.
  • Langkah selanjutnya, klik tombol “Daftar Jadi Mitra”.
  • Berikutnya, ketikkan nomor HP yang aktif yang akan didaftarkan.
  • Setelah itu, klik “Lanjut” untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  • Aplikasi akan mengirimkan kode OTP sejumlah 4 digit melalui SMS.
  • Cek menu SMS di android, lalu masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan.
  • Kemudian, klik “Konfirmasi” untuk menyetujui kode OTP yang sudah diketik.
  • Akan muncul tampilan opsi “Mau Daftar jadi Mitra Apa?” di aplikasi Go Partner
  • Calon driver dapat memilih menjadi driver motor atau mobil, sesuai kendaraan yang dimiliki
  • Lalu, klik “Mulai Daftar” untuk masuk ke menu pengisian formulir pendaftaran
  • Isikan data diri calon driver secara lengkap dan sesuai di formulir pendaftaran
  • Kemudian, upload atau unggah berkas-berkas yang dibutuhkan seperti pada persyaratan umum yang sudah diuraikan di atas.
  • Langkah paling akhir, kirimkan formulir pendaftaran tersebut untuk menjadi driver Gojek.

Pihak Gojek memerlukan waktu untuk melakukan verifikasi pendaftaran dan aktivasi akun calon driver. Batas waktu yang dibutuhkan paling lama adalah 2 hari, setelah itu calon driver akan dipanggil oleh pihak Gojek.

Driver motor Gojek juga bisa menjadi mitra dari usaha. Misalnya saja  Gojek yang lainnya,menerima orderan GoRide, GoSend, Gofood, GoMart, serta GoShop.

Demikian ulasan mengenai cara mendaftar jadi driver Gojek yang bisa dilakukan untuk menjadi pekerjaan utama ataupun sampingan. Perekrutan driver Gojek tidak dilakukan setiap saat, sehingga perlu untuk memantau situs Gojek jika berkeinginan serius menjadi driver.

Muzammil Kiandra

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cari Tahu Cara Mendaftar Jadi Driver Gojek, Mudah dan Anti Ribet! yang dipublish pada Juni 29, 2022 di website Kiandra Blog

Leave a Comment