6 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp, Alternatif Agar Tidak Bosan!

Aplikasi Chatting Selain WhatsApp – Kegiatan chatting sudah menjadi salah satu kegiatan pokok yang dilakukan banyak orang sehari-hari. Kemunculan aplikasi chatting selain WhatsApp pun semakin banyak tersebar dan dibuat oleh developer. Maka dari itu, pengguna semakin memiliki variasi pilihan untuk berkomunikasi dengan aplikasi chat.

Pada dasarnya, setiap aplikasi chatting yang muncul memiliki fungsi dan tujuan yang sama, yaitu memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi. Namun, beberapa aplikasi menyediakan layanan yang unik dan menarik. Berikut 6 aplikasi chatting alternatif yang dapat digunakan:

6 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp, Alternatif Agar Tidak Bosan

aplikasi chatting selain whatsapp
aplikasi chatting selain whatsapp

1. Telegram

Aplikasi alternatif pertama yang dapat direkomendasikan adalah Telegram, yang mana keberadaannya cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Fitur-fitur yang terdapat di aplikasi tersebut tidak kalah advanced dengan aplikasi WhatsApp.

Selain itu, Telegram juga mengutamakan privasi yang menjamin rahasia isi chat para penggunanya. Fitur-fitur terbaik aplikasi tersebut yang dapat dimanfaatkan adalah daya tampung grup yang dapat mencapai maksimum 200.000 anggota, mengirim file dengan ukuran besar dan lain-lain.

2. Discord

Discord menjadi aplikasi chatting selain WhatsApp yang dapat digunakan. Awalnya aplikasi ini lebih familiar digunakan oleh para gamers. Namun, saat ini Discord banyak digunakan oleh berbagai kalangan, seperti pebisnis dan karyawan kantor. Fitur chat hingga video call menjadi keunggulan dari aplikasi ini.

Baca juga : Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Diganti di Android

Berbeda dengan aplikasi chat lain, Discord memiliki keunggulan pemakaian data usage yang minim. Hal tersebut berfungsi bagi pengguna yang ingin mengirit memori HP, pengguna dapat menggunakan Discord sebagai aplikasi chat alternatif selain WhatsApp.

3. Slack

Aplikasi Slack sangat familiar dipakai oleh kalangan pekerja yang melakukan pekerjaannya secara remote. Aplikasi ini sangat compatible untuk digunakan ketika para pekerja berkomunikasi untuk menyelesaikan suatu proyek. Karena banyak digunakan untuk keperluan kantor, aplikasi Slack memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Pengguna dapat mengirim file ukuran besar, melakukan video call, membuat channel dan sebagainya dengan aman dan praktis. Maka dari itu, untuk pengguna yang bosan memakai WhatsApp dapat mencoba aplikasi Slack sebagai alternatif lain.

4. WeChat

WeChat terkenal sebagai salah satu aplikasi buatan Cina yang posisinya dapat menggantikan WhatsApp. Awalnya, aplikasi ini menjadi pesaing aplikasi chat lain seperti WhatsApp, LINE, KakaoTalk dan sebagainya. Namun, perkembangan WeChat saat ini semakin canggih dan terdepan.

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini sebagai sarana berkomunikasi via chat, menambahkan teman dengan cara memberikan nomor telepon atau QR Code dan lain-lain. Walaupun di Indonesia penggunaan WeChat belum popular, namun aplikasi ini dapat menjadi alternatif pengganti WhatsApp.

Baca juga : Aplikasi Live Streaming No Banned Android

5. Facebook Messenger

Aplikasi chatting selain WhatsApp berikutnya adalah Facebook Messenger, yang mana saat ini sudah semakin advanced dan user-friendly. Pengguna yang memiliki akun Facebook, otomatis akan terhubung dengan Facebook Messenger tanpa perlu repot mendaftarkan nomor telepon dan sebagainya.

Selain fitur chat, Facebook Messenger juga dapat dimanfaatkan oleh pengguna ketika membutuhkan fitur menelepon dan video call. Tampilan yang mudah dan sederhana, membuat aplikasi ini cukup mumpuni dan dimanfaatkan jika WhatsApp sedang mengalami gangguan server down.

6. Signal Private Messenger

Rekomendasi terakhir terkenal dengan fitur keamanan yang paling ketat. Fitur unggulan yang paling populer adalah aplikasi ini menyediakan encrypted message dan dapat menghancurkan chat tanpa jejak dengan mudah. Maka dari itu, aplikasi ini banyak dipakai oleh para pebisnis dan karyawan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Signal Private Messenger, pengguna hanya perlu add nomor telepon teman atau kolega yang ingin diajak chat. Selain itu, ukuran memori aplikasi ini juga tidak begitu besar dan pengguna dapat mengirit memori internal perangkat HP pengguna.

Itulah 6 rekomendasi aplikasi chatting selain WhatsApp yang dapat menjadi alternatif lain untuk berkomunikasi. Aplikasi untuk chat sangat beragam dan banyak sekali, pengguna hanya perlu memilih aplikasi yang paling nyaman dan aman untuk digunakan ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Muzammil Kiandra

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 6 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp, Alternatif Agar Tidak Bosan! yang dipublish pada Agustus 20, 2022 di website Kiandra Blog

Leave a Comment